Kenapa kita harus perduli terhadap palestina ??

Sudah hampir tiga pekan lebih Israel melakukan serangan mematikan ke Palestina. Dunia internasional pun tak berhenti mengeluarkan pernyataan mengecam tindakan bar-bar tersebut, meskipun ada sedikit yang mendukung tindakan Israel. Akibat agresi biadab ini, korban pun berjatuhan. Dan setiap harinya korban semakin bertambah. Tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Sebagian korban adalah perempuan dan anak-anak. Bantuan, dukungan dari berbagai pihak pun mengalir ke Palestina, tidak ketinggalan masyarakat Indonesia.

Pernah terdengar sebuah pertanyaan, ngapain sih kita dukung palestina? Apa siginifikasinya? Padahal kita bukan orang palestina, apalagi kita juga lagi kesusahan. Papua baru saja terkena gempa, kondisi negara sendiri yang tidak stabil, mendukung atau pun tidak pasti tidak berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Padahal, jika kita mengetahuinya ternyata bangsa Indonesia berhutang dukungan untuk Palestina.
Ada beberapa alasan yg menyebabkan kita wajib perduli dan mendukung perjuangan rakyat palestina.

Alasan pertama adalah, ketika republik (Indonesia) ini baru saja menyatakankemerdekannya. Tidak ada satupun negara didunia yg berani mengakui kemerdekan itu. Ternyata dukungan untuk  kemerdekaan Indonesia ini dimulai dari Palestina dan Mesir, seperti dikutip dari buku “Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri” yang ditulis oleh Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia , M. Zein Hassan Lc.

Buku ini diberi kata sambutan oleh Moh. Hatta (Proklamator & Wakil Presiden pertama RI), M. Natsir (mantan Perdana Menteri RI), Adam Malik (Menteri Luar Negeri RI ketika buku ini diterbitkan), dan Jenderal (Besar) A.H. Nasution. M. Zein Hassan Lc. Lt.  Sebagai pelaku sejarah, menyatakan dalam bukunya pada hal. 40, menjelaskan tentang peran serta, opini dan dukungan nyata Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap.

Dukungan Palestina ini diwakili oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini
-mufti besar Palestina- secara terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia : “.., pada 6 September 1944, Radio Berlin berbahasa Arab menyiarkan ‘ucapan selamat’ mufti Besar Palestina Amin Al-Husaini (beliau melarikan diri ke Jerman pada permulaan perang dunia ke dua) kepada Alam Islami, bertepatan ‘pengakuan Jepang’ atas kemerdekaan Indonesia. Berita yang disiarkan radio tersebut dua hari berturut-turut, kami sebarluaskan, bahkan harian “Al-Ahram” yang terkenal telitinya juga menyiarkan.” Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga berkenan menyambut kedatangan delegasi “Panitia Pusat Kemerdekaan Indonesia ” dan memberi dukungan penuh.

Bahkan dukungan ini telah dimulai setahun sebelum Sukarno-Hatta benar-benar memproklamirkan kemerdekaan RI. Tersebutlah seorang Palestina yang sangat bersimpati terhadap perjuangan Indonesia ,Muhammad Ali Taher. Beliau adalah seorang saudagar kaya Palestina yang spontan menyerahkan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti dan berkata: “Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia ..”

Alasan kedua kenapa kita harus mendukung palestina adalah bahwa di Palestina ada wilayah penting bagi ummat Islam. Dan merupakan Tanah Suci ke tiga, setelah Mekkah dan Madinnah, yaitu Al Quds. Di sana juga ada Masjid Suci yang ke tiga setelah Masjidil Harram (di Mekkah) dan Masjid Nabawi (di Madinnah), yaitu Masjid Al Aqsha, kiblat pertama Umat Islam.

Indonesia pernah mengalami hal yang sama seperti yang dirasakan oleh rakyat Gaza di Palestina. Peperangan dan diplomasi menjadi warna dalam bagian sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan Palestina. Seharusnya kita jangan lupa terhadap apa-apa yang pernah kita alami dahulu ketika awal kemerdekaan. Sejarah kembali berulang dengan lakon yang berbeda. Posisi Indonesia sudah bukan negara yang dijajah seperti dahulu. Peranan Indonesia sebagai negara muslim terbesar sangat diharapkan oleh negara Palestina. Demonstrasi besar-besaran yang dilakukan seluruh masyarakat dunia menunjukkan rasa solidaritas terhadap rakyat Palestina. Sesungguhnya ada sebuah cita-cita rakyat Palestina yang harus kita dukung yaitu sebuah kemerdekaan, seperti kemerdekaan yang diharapkan rakyat Indonesia.

Jadi sudah saatnya kita peduli dengan Palestina, karena rakyat palestina adalah saudara kita yang diibaratkan seperti bagian dari tubuh kita “Perumpamaan kaum muslimin yang saling kasih mengasihi dan cinta mencintai antara satu sama lain ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota berasa sakit maka seluruh tubuh akan turut berasa sakit dan tidak dapat tidur.” (HR Bukhari).

Download ceramah MP3 – Kenapa kita  perduli  Palestina oleh Ust. Fery Nur ( Sekjen KISPA )

rek1

This entry was posted in Tsaqofah. Bookmark the permalink.

One Response to Kenapa kita harus perduli terhadap palestina ??

  1. fathurrohim says:

    jihad untuk palestine….

Comments are closed.