Maher Zain, Nafas Baru Musik Islami

Maher Zain ( bahasa Arab : ماهر زين – lahir 16 Maret 1981; umur 30 tahun) adalah penyanyi R&B Swedia, penulis lagu dan produser musik asal Lebanon.

Sejak kecil Maher Zain memang sangat mengagumi musik, dan di usianya yang ke 10, Maher kecil sudah mampu menguasai keyboard. Musik yang di bawakan oleh Maher Zain terinspirasi dari sang ayah yang juga seorang musisi handal di kota Tripoli, Libanon.

Bakat musik Maher Zain telah terlihat semenjak ia masih muda dengan menjadi produser musik di Swedia. Namun menurut Maher, dunia musik yang ia geluti yang menawarkan banyak kemewahan membuat ia merasa ada yang kurang, dan bahkan ada yang salah. “Saya sangat mencintai dunia musik, namun saya tidak menyukai hal-hal yang ada di sekilingnya, seperti ada yang salah dengan hal ini.”

Pada akhirnya Maher menemukan jawaban dari keraguannya dalam bermusik setelah ia bertemu dan tergabung dalam komunitas Muslim yang ada di Stockholm. Semenjak itu Maher pun mulai aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masjid dan Ia merasa di sinilah arti sebuah rumah baginya.

Album debutnya Thank You Allah, dengan 13 lagu dan dua lagu bonus dirilis pada 1 November 2009, dengan Versi Perkusi eksklusif dan Versi Perancis dirilis tak lama kemudian.

Ada warna baru di dunia musik Islami yang dibawa oleh  Pria keturunan Arab dan Eropa ini. Musik bernafas Islami dalam balutan musik modern dan pop yang catchy namun menghanyutkan. Ia membawa misi dalam musiknya untuk menghibur dan menginspirasi banyak orang, sekaligus membawa pesan perdamaian dan harapan untuk dunia.

Maher Zain lebih dulu dikenal di Eropa, Amerika, Australia dan Timur Tengah. Di album perdananya yang berjudul “Thank You Allah” dirilis pada January 2009 dibawah label Awakening Records sukses meraih nomor 1 di Amazon’s World Music Charts dan nomor 9 di The R&B charts.

Single andalan Maher yaitu ‘Insha Allah’ dan ‘The Chosen One’, menjadi hits di mana-mana, termasuk di Indonesia. Video klip ‘Insha Allah’ sudah meraih lebih dari 8 juta penonton di YouTube dan dibuat dalam 4 versi, yaitu versi bahasa Inggris, Perancis, Turki, dan Arab. Ia adalah artis Muslim pertama yang meraih 1 juta fans di Facebook dalam waktu 1 tahun sejak album debutnya dirilis. Di bulan April 2011 Maher akan segera merilis album debutnya di Indonesia di bawah naungan Sony Music Indonesia. Album ini berjudul “Thank You Allah” berisi lagu-lagu yang ada di album perdana Maher, ditambah dengan 2 buah lagu special.

Dua lagu spesial ini salah satunya ‘Insha Allah’ adalah hasil duet Maher Zain dengan Fadly, vokalis dari Padi, band papan atas Indonesia. Lagu spesial lainnya berjudul ‘Sepanjang Hidup’, dibilang spesial karena Maher menyanyikan lagu ini dalam Bahasa Indonesia yang sangat fasih.

Kabarnya, maher zain akan hadir dalam konser amal untuk palestina yg digagas oleh KNRP yang akan deselenggarakan di GOR Kota Bekasi ahad 1 mei 2011.

“Jika memungkinkan, Maher zain akan datang. Karena pada hari yang bersamaan, dia juga ada jadwal di Ancol – jakarta.”, jawab panitia acara kepada redaksi jalurgaza.

Wa’Allahu A’lam

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.