Gaza Bersiap Sambut Pembebasan Tawanan

Lembaga HAM yang konsen pada masalah tawanan di penjara Israel, WAID, mengungkapkan adanya program penyambutan para tawanan yang akan dibebaskan dalam kesepakatan pertukaran tawanan pada hari ini, Selasa (18/10) .

WAID mengatakan, akan ada penyambutan nasional dan resmi di gerbang perlintasan Rafah untuk para tawanan yang dibebaskan. Turut serta dalam penyambutan ini adalah seluruh menteri, aleg, para pemimpin faksi Palestina, para kepala daerah, tokoh dan 3 orang dari setiap keluarga tawanan.

Daerah perlintasan (dari gerbang hingga jarak satu kilometer) akan menjadi daerah keamanan tertutup. Departemen dalam negeri yang bertanggung jawab penuh atas keamanan daerah perlintasan saat masuknya para tawanan yang dibebaskan.

Saat konvoi tawanan yang dibebaskan masuk dari gerbang Rafah, akan ada seruan dari seluruh masjid di Jalur Gaza melalui pengeras suara untuk bergerak menyambut kedatangan para tawanan yang bebas di lapangan sebelah barat kota Gaza. Di sini akan dilakukan upacaya penyambutan para tawanan yang bebas dari penjara Zionis Israel.

Dalam upacara ini akan ada pidato dari PM Palestina Ismail Haniyah dan dari Yahya Sinwar, salah seorang pemimpin senior gerakan Hamas yang termasuk dalam daftar pembebasan setelah mendekam selama 23 tahun di penjara Zionis Israel.

WAID menyatakan, saat ini juga sudah dibentuk panitia khusus untuk penyambutan pembebasan tawanan dari Tepi Barat dan al Quds ke Jalur Gaza, dengan tujuan untuk menjamin seluruh kebutuhan pribadi mereka.

Sementara itu, Sekjen Dewan Kabinet pemerintah Haniyah, Dr. Muhammad Asqul, menegaskan bahwa kesepakatan pertukaran tawanan ini merupakan kemenangan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi rakyat Palestina dan para tawanan yang mendekam di balik terali besi penjara Zionis Israel.

Asqul menyebut pertukaran tawanan ini sebagai capaian besar perlawanan Palestina dan seluruh takyat Palestina. Pertukaran ini terjadi berkat ketabahan dan keteguhan rakyat Palestina, khususnya di Jalur Gaza.

sumber: infopalestina.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.