Warga Gaza sambut para tawanan

Ratusan ribu warga Palestina merayakan kepulangan lebih dari 400 tahanan yang dibebaskan dalam tahap pertama dari kesepakatan antara gerakan perlawanan HAMAS dan Israel yang ditengahi pihak Mesir untuk pertukaran Gilad Shalit, tentara Israel yang ditangkap.

Hamas, yang dinegosiasikan pertukaran, mengadakan perayaan di Jalur Gaza pada Selasa yang berubah menjadi unjuk kekuatan untuk kelompok perlawanan Palestina yang mengatur wilayah dan rival Presiden Mahmoud Abbas partai Fatah.

Ismail Haniyeh, Perdana menteri Palestina mengatakan bahwa keberhasilan gerakan perlawanan Hamas menculikan Shalit sebagai operasi positif yang telah memenangkan kebebasan ratusan warga Palestina.

Dijadwalkan sekitar 296 tawanan laki-laki dan perempuan Palestina memasuki Gaza, sebanyak 131 berasal dari warga Gaza, sedangkan 163 berasal dari Tepi Barat yang dibebaskan ke Gaza, termasuk dua orang tawanan wanita asal Gaza, yaitu Wafa Ilbas dan Aminah Muna.

Pasukan Israel mengumumkan tibanya Shalit ke markas besar Lanuv di Selatan wilayah Palestina 1948. Sementara realisasi tahap kedua pertukaran tawanan mencakup 550 tawanan dua bulan dari sekarang

 

 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.