Survei Pilgub Sumut 2013: Gatot-Tengku Ery Unggul

GANTENG1aPemungutan suara untuk memilih gubernur dan wakil gubernur provinsi sumatera utara tinggal beberapa hari lagi. Survei Pusat Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebutkan, dua pasangan peserta Pemilihan Gubernur Sumatera Utara, yakni Gatot Pujonugroho-Tengku Erry dan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman, akan bersaing. Ini terlihat dari hasil dua kali survei yang dilakukan Puskaptis dan Indo Matrik pada periode 18-22 Februari dan 25-28 Februari lalu.

“Dari dua kali survei yang kami lakukan memang terdapat naik-turun elektabilitas dari lima pasangan calon. Tetapi, memang yang paling tinggi ada dua, Gatot Pujo 33,49%  dan Gus Irawan dengan 26,28%”,  ujar Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, dalam juma pers di Jakarta Selatan, beberapa hari yg lalu.
Sementara itu, beberapa hari sebelumnya direktur Eksekutif  Media Survei Nasional (Median), Rico Marbun, memperkirakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara tahun 2013, Gatot Pujo Nugroho-Tengku Ery Nuradi diprediksi memenangkan pemilihan kepala daerah provinsi ini. Pasalnya, berdasarkan hasil survei Median, pasangan ini mendapat dukungan tertinggi, yakni 76,5% dari 1.500 responden. “Untuk tingkat popularitas, hasil survei menunjukkan keunggulan sementara pasangan Gatot Pujo Nogroho-Tengku Ery Nuradi dengan raihan 76,5%,” kata Rico. 

Sementara itu, pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan mendapat dukungan 54,4%, Gus Irawan-Soekirman (52,9%), Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (47,4%), dan Effendy Simbolon – Jumiran Abdi  (41,5%). Sedangkan dari sisi elektabilitas para pasangan calon, hasil survei menyebutkan, jika Pemilukada Sumatera Utara digelar hari ini, maka pasangan Gatot Pujo Nogroho dan Tengku Ery Nuradi mengungguli pasangan keempat pasangan lainnya. Rincian hasil survei tersebut adalah pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Ery berhasil meraih dukungan sebesar 31,2%. Urutan kedua bertengger Amri Tambunan-RE nainggolan dengan raihan 17,6%.

Di urutan ketiga, Gus Irawan-Soekirman (16,3%). Lalu disusul Chairuman Harahap – Fadly Nurzam (9,7%). Kemudian di urutan terbawah bertengger pasangan Effendy Simbolon- Jumiran Abdi (8,5%). Sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihannya, alias pemilih mengambang sebesar 16,7%.

Berikut hasil survei terkini (kedua) yang dilakukan Puskaptis dan Indo Matrik:

Gatot Pujo-Tengku Erry, 33,49%

Gus Irawan- Soekirman,  26,28%

Amri Tambunan-RE Nainggolan, 11,85%

Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, 7,8%

Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, 7,4%

( dari berbagai sumber )

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

One Response to Survei Pilgub Sumut 2013: Gatot-Tengku Ery Unggul

  1. herman harahap says:

    berjalan berlari ke bintuju
    pulang dari sana membeli delima
    jikalau sudah sampai pada tanggal tuju
    jangan lupa pilih nomor lima

Comments are closed.