Politisi Kutu Loncat tdk berlaku di PKS

presiden-pks-anis-matta-_130201174358-759Tren politisi kutu loncat menjelang pemilu demi mendapatkan bakal calon legislatif sepertinya tidak berlaku bagi PKS. Menurut Presiden PKS Anis Matta mengatakan partainya lebih mementingkan kader internal dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

“Pada dasarnya di PKS dalam sistem demokrasi adalah school of leadership, fungsi kaderisasi sangat penting,” kata Anis di Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Menurut Anis, partai politik berfungsi membina kader bangsa untuk mengelola negara. Untuk itu fokus PKS dalam pencalegan adalah kader.

“Latar belakang kaderisasi itu apakah kader diterima publik atau tidak, kami bukan EO (Event Organizer) dan partai ini bukan EO tapi school of leadership,” ujar Mantan Wakil .

Di dalam konsep school of leadership, lanjutnya, ada fungsi kaderisasi yang sangat penting untuk dijalankan. “Parpol membina kader bangsa untuk mengelola kader yang mampu memimpin negara. Paling utama adalah kader, apakah kader itu diterima publik atau tidak, ini yang jadi penilaian. Orientasi kami bukan dapat suara, tapi mekanisme pendidikan politik dalam berbangsa,” ucap mantan Wakil Ketua DPR ini.

Untuk diketahui saja, pada tanggal 9 April 2013 ini, setiap partai politik harus mendaftarkan para caleg yang diusungnya dalam daftar DCS. Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum akan melakukan verifikasi terhadap para caleg itu. Pada bulan Juli 2013, KPU akan mengumumkan daftar caleg tetap (DCT) yang akan bertarung pada Pemilu 2014 mendatang. (warta/kompas)

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.