Mubarak minta rakyat mesir dukung Mursi

mursi_mesirMantan Presiden Mesir Hosni Mubarak meminta rakyat negeri piramida itu untuk mendukung kepemimpinan Presiden Mohammad Morsi. Pernyataan itu cukup mengejutkan karena selama ini Morsi selalu bersikap anti terhadap Mubarak.

Saat dulu berkuasa, Mubarak pernah dua kali memenjarakan Morsi. Saat itu Morsi dikenal sebagai salah satu tokoh kelompok Ikhwanul Muslimin yang keberadaannya dilarang oleh rezim Mubarak.

Keadaan kemudian berbalik setelah gerakan Arab Spring muncul di Mesir. Kelompok Ikhwanul Muslimin kini menguasai Mesir sedangkan Mubarak kini menjadi pesakitan dalam tahanan.

“Morsi adalah presiden yang dipilih oleh rakyat, mereka harusnya mendukung dia,” ujar Mubarak, seperti dikutip AFP, Selasa (12/3/2013).

Mubarak sempat dijatuhi hukuman seumur hidup atas keterlibatannya dalam aksi kekerasan aparat selama Arab Spring berlangsung. Namun dakwaan itu dibatalkan oleh pihak pengadilan yang memerintahkan digelarnya persidangan ulang.

Banyaknya aksi protes dan bentrokan yang terjadi di berbagai kota di Mesir, membuat bekas Presiden Mesir Hosni Mubarak bersimpati. Dia  meminta agar warga Mesir mendukung presiden yang sudah mereka pilih.

“Mursy adalah presiden yang dipilih rakyat, mereka harusnya mendukung dia. Dukung presiden kalian dan hentikan segala bentuk protes ini segera,” pinta Mubarak.

Pernyataan ini disampaikan Mubarak melalui pengacaranya, Farid el-Deeb, kemarin.

“Beliau sangat frustasi melihat kondisi Mesir sekarang. Dia ingin agar segala bentuk protes dihentikan. Dia juga meminta warga Mesir untuk mendukung Presiden Mohammed Mursy,” ujar el-Deeb.

Pria yang pernah memerintah Negeri Piramida selama 30 tahun ini kini ditahan atas dakwaan bertanggung jawab atas pembunuhan 850 demonstran selama aksi bentrok selama 18 hari pada 2011. (Rmol/suararadio)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.