Pengamat: Rekrutmen Caleg terbuka, lemahnya kaderisasi partai

anggota-dpr-tidur1Pengamat politik Universitas Andalas ( Unand ) Padang Dr.Asrinaldi menilai, pola rekrutmen calon anggota legislatif secara terbuka yang dilakukan partai-partai politik di indonesia merupakan indikasi lemahnya kaderisasi partai untuk mencetak pemimpin.
Dikatakan,  secara kualitas calon anggota legislatif yang direkrut melalui sistem kaderisasi parta akan lebih berkualitas ketimbang figur yang direkrut secara terbuka.
Hal itu mengingat, kata dia, salah satu fungsi partai politik adalah melakukan kaderisasi untuk menghasilkan calon pemimpin. melalui kaderisasi partaaai, seseorangtentu akan dipersiapkan secara matang untk menjadi legislator.
Selain itu, kelemahan lain rekruitmen caleg secara terbuka dapat saja hal itu dilakukan oleh partai sebagai sarana untuk meraup uang. siapa yang ingin mendapatkan nomor urut yang baik haus menyetor sejumlah dana, tambah dia.

Beberapa hari sebelumya, presiden PKS anis matta menyatakan bahwa partainya lebih mementingkan kader internal ketimbang dari eksternal.

“Pada dasarnya di PKS dalam sistem demokrasi adalah school of leadership, fungsi kaderisasi sangat penting,” kata Anis di Jakarta, Jumat (8/3/2013)

Baca juga:

Politisi kutu loncat tidak berlaku di PKS

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.