Gubernur Sumbar Canangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari

24ipGubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno secara resmi mencanangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelurahan Koto Panjang Lampasi Kecamatan Lamposi Tigo Nagari Kota Payakumbuh pada Rabu (27/3).

Pantauan http://www.sumbaronline.com dilapangan terlihat dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Kepala Dinas Kesehatan Prop. Sumbar, Rosnini Savitri, Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sumbar, ir. Effendi, serta Sri Solehanti, Kepala Pusat pengendalian keamanan pangan serta tokoh masyarakat setempat.

Selain mencanangkan KRPL gubernur sumbar juga melaksanakan peresmian Gedung Stasiun Terminal Agrobisnis (STA) Tuah Sakato. Sri Solehati yang membacakan sambutan Kepala Pusat Ketahanan Pangan mengatakan bahwa, pentingnya ketahanan pangan, dan untuk itu kita telah melibatkan Dewan Ketahanan Pangan (DKP). Kita mengharapkan ketersediaan dan distribusi pangan terjaga. Selain itu juga masyarakat untuk dapat mengkonsumsi keragaman pangan.

Sementara, Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan bahwa, setiap program yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat, hendaknya didukung penuh juga oleh masyarat, jangan sampai terjadi lagi program yang gagal/lamban karena tidak didukung oleh skpd dan masyarakat.

“Kita mengharapkan program (KRPL) ini dapat didukung oleh pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga ketergantungan terhadap beras dapat dikurangi dengan mengganti dengan makanan yang lain,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengajak agar gerakkan ini harus digerakkan sampai ke tengah masyarakat. Sebagai langkah awal pengurangan ketergantungan terhadap beras, gubernur bahkwa menawarkan untuk puasa Senin dan Kamis.

Dan untuk mendukung program pengurangan ketergantungan terhadap beras, diharpapkan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanami dengan berbagai tumbuhan/sayuran kebutuhan harian. Sehingga tidak ada lagi lahan kosong dipekarangan yang mengangur. Sehingga kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi makan yg bergizi dan beragam dapat terwujud.

Pencanangan KRPL di Payakumbuh merupakan yang pertama di Sumatera Barat. Selain melakukan pencanangan, gubernur juga menyerakan secara simbolis bantuan uang kepada 5 kelompok penerima bantuan KRPL. (sumbaronline)

 

 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.