MK Kukuhkan kemenangan pasangan Gatot-Ery di Pilgub Sumut

Gatot-Tengku ErryMahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan pasangan calon Gubernur Sumatera Utara, Gus Irawan Pasaribu-Soekirman dan pasangan Effendi Simbolon-Djumiran Abdi.

Dengan diputuskannya sengketa Pemilihan Gubernur Sumatera Utara ini, maka kemenangan pasangan Gatot Pujo Nugroho-T.Erry Nuradi, sudah sah dan tahapan selanjutnya tinggal menunggu pelantikan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018.

“Mahkamah Konstitusi menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” ujarnya Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar dalam pembacaan putusan di Gedung MK, Jakarta, Senin (15/4) petang.

Dalam putusannya, Mahkamah menyimpulkan para pemohon tidak bisa membuktikan telah terjadi pelanggaran yang secara terstruktur, sistematis, dan masif yang secara signifikan mempengaruhi perolehan suara pemohon.

Untuk permohonan yang diajukan pasangan Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi, MK tidak mempertimbangkan alat bukti surat dan tulisan yang diajukan karena tidak disahkan dalam persidangan. Padahal, Mahkamah telah beberapa kali mengingatkan agar pemohon mengajukan alat bukti surat/tulisan. Namun, sampai dengan persidangan terakhir pemohon tetap tidak mengajukan alat bukti itu. (hukumonline/loveindonesia)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.