Gita mau impor, Mentan prioritaskan sapi lokal

1412304620X310JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjelaskan harga daging sapi saat ini masih cukup tinggi. Seperti di Bandung harga daging masih Rp90 ribu dan di Yogyakarta harganya masih berkisar di Rp85 ribu per kg.

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, pihaknya akan melakukan kebijakan agar harga daging tidak jauh berbeda dari harga 2012.

Dalam hal ini, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan akan melakukan kebijakan untuk menstabilkan harga daging sapi dengan tiga cara.

“Pertama, membuka pintu impor daging prime cut. Lewat tiga tempat yakni Bandara Soekarno Hatta, Ngurah Rai dan Polonia” ujar Gita, di Kementerian Perdagangan, Senin (27/5/2013).

Kedua, kata Gita, melakukan akselarasi jatah daging impor yang sudah dipotong non prime. Dan ketiga, akselerasi daging sapi bakalan.

Namun, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan penurunan harga daging sapi terutama dalam menghadapi bulan Ramadhan dan kenaikan BBM.

Suswono mengatakan, selain melaksanakan ketiga semangat yang telah disebutkan Gita, pihaknya akan meningkatkan pemanfaatan sapi-sapi lokal.

“Banyak persoalan terkait harga daging, kita akan manfaatkan sapi-sapi lokal,” tukasnya. ( okezone)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.