Mentan: Selama 3 Tahun Perternak Sapi Menangis

14mentan-kropJAKARTA – Kementerian Pertanian akan menstabilkan harga daging sapi mulai dari peternakkan. Selama ini harga daging sapi tinggi karena jumlah sapi di peternak terbatas.

Menteri Pertanian Suswono bercerita, peternak hanya mempunyai paling banyak 3 sapi. Sementara untuk merawatnya itu memerlukan dana besar. Ketika di jual, maka harga yang diberikan harus menutupi ongkos perawatan.

“Petani kita memiliki sapi terbatas hanya dua tiga ekor, dipelihara secara intensif. Namun cost-nya tinggi. Oleh karena itu kita menjalin keseimbangan jangan sampai adanya operasi pasar ini menekan harga tingkat petani. Jadi petani dapat untung, tapi jangan sampai juga harga ke konsumen memberatkan. Keseimbangan inilah yang kita cari,” kata Suswono di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (27/5).

Suswono mengatakan selama ini peternak lokal juga tidak diuntungkan dengan banyaknya kuota impor daging sapi. Dengan besarnya kuota impor, maka harga daging sapi menjadi turun. Korbannya ada di peternak lokal.

“Sebetulnya kalau harga daging sapi itu sekitar Rp 30 ribu saja sudah menguntungkan petani. Selama ini tiga tahan lalu petani boleh dikatakan menangis karena volume impor yang terlalu besar,” jelas Suswono. ( jaringnews )

Baca juga !!

Gita mau impor, mentan prioritaskan sapi lokal

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.