As Sisi Intruksikan Hancurkan Terowongan Antara Mesir dan Gaza

gaza_tunnelGaza – Situs “Hari Ketujuh” Mesir menyebut para komandan angkatan bersenjata Mesir telah memberikan arahan secara langsung kepada teknisi militer dan menejerial militer serta personel penjaga perbatasan sebelah timur agar menghancurkan semua terowongan Rafah antara Mesir dan Gaza dalam waktu dekat ini, sebelum operasi pembersihan Sinai dari kelompok bersenjata.

Pimpinan umum militer mengklaim tujuan dari menutup semua terowongan perlintasan tersebut untuk mengantisipasi penyusupan kelompok berbahaya yang akan mengganggu keamanan regional Mesir dengan dukungan kelompok bersenjata radikal.

Sumber militer, Abdul Fatah Sisi telah memberikan arahan yang jelas kepada mayor jenderal staf angkatan perang, Taher Abdullah untuk menghancurkan seluruh terowongan yang digunakan untuk menyelunduplan senjata di perbatasan, dengan menggunakan alat berat atau menuangkan air yang banyak dalam waktu singkat untuk mengantipasi pihak manapun melakukan kekacuan keamanan di Mesir atau dengan mempermainkan perasaan bangsa Mesir sehingga menyelundupkan bahan makan atau minyak ke Jalur Gaza ditengah krisis yang menima Mesir saat ini, ungkapnya.

Sementara itu, Gerakan pembebasan Palestina menyebutkan, keputusan pemimpin Mesir yang baru yang akan menghancurkan semua terowongan yang menghubungkan Gaza dan Mesir tanpa alasan adalah sebuah kejahatan kemanusiaan.

Ia mengisyaratkan, terowongan merupakan arteri kehidupan satu-satunya untuk memasok bahan-bahan makanan yang dibutuhkan bangsa Palestina di Gaza. Selain obat-obatan, susu dan lainya ditengah penutupan perlintasan darat Rafah.

Dalam keteranganya, Selasa (16/7) gerakan ini mengungkapkan keanehanya terhadap tindakan tersebut yang mengindikasikan keinginan Israrel berupa pengetatan blokade Gaza.

Ia menegaskan, penghancuran terowongan adalah kejahatan yang tak bisa diterima bagi hak-hak bangsa Palestina. Ia menyerukan jangan libatkan Gaza dalam konflik yang terjadi di Mesir. Ia menegaskan, bangsa kami tak pernah ikut campur dalam urusan dalam negeri siapapun, termasuk Mesir.

Ia menegaskan, ketentraman Mesir merupakan  kepentingan bagi Palestina juga, tidak sebaliknya. Ia minta pemerintah Mesir melihat realitas di negerinya yang menginginkan blokade Gaza diakhiri, bukan malah diperketat. Minimal mencari alternatif dengan membuka perlintasan secara terus menerus. (infopalestina)

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.