Erdogan Tolak Tawaran Bertemu Wakil Presiden Mesir El Baradei

ERDOGANMELASIIstanbul – Pemerintah Turki dikabarkan menolak ajakan Wakil Presiden ”inkonstitusional” Mesir Mohamed el-Baradei untuk bertemu. Penolakan itu dinyatakan langsung oleh Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan.

Tidak dijelaskan materi apa yang ditawarkan el-Baradei kepada Erdogan. Undangan dari Kairo sampai di meja Erdogan pada Senin (15/7) kemarin. Turki Aksam Daily melaporkan penolakan itu dipublikasikan hari ini, Selasa (16/7).

Penolakan tersebut adalah sinyal jelas bagi rezim baru di Mesir tentang hubungan kedua negara pascakudeta. Erdogan dikatakan meminta kepada staf khususnya untuk menyatakan penolakan tersebut. 

”Bahwa pemerintahan sementara dan militer di Mesir telah menggunakan lejitimasi mereka sendiri (untuk mengundang Erdogan). Kami menolak pembicaraan,” demikian tulis penolakan tersebut seperti dilansir Today Zaman, Selasa (16/7).

Today Zaman menuliskan penolakan Erdogan bukan tanpa pertimbangan. Sebelumnya, perdana menteri dua kali itu, tegas menyatakan menolak untuk mengakui pemerintahan inksonstitusional di Kairo, Mesir.

Erdogan juga mengutuk keterlibatan militer dalam aksi penggulingan Presiden Muhammad Mursi.Erdogan tegas mengatakan, Pemerintahan di Istanbul hanya mengakui Mursi sebagai Presiden Mesir yang sah sampai pemilihan umum berlangsung di negara itu.

”Kami tidak punya presiden selain Mursi di sana (Mesir),” kata Erdogan dengan tegas. (republika)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.