Kecewa dengan sikap pemerintahnya, rakyat saudi gelar demo

UntitledAda pihak menamakan dirinya “Revolusi Pemuda Haramain” mengumumkan telah dimulainya serangkaian aksi protes yang akan digelar di seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Aksi ini menyusul meningkatnya ketidak-sewenangan pemerintah. dalam merampas kebebasan rakyat dan penangkapan terhadap sejumlah ulama. Terutama para ulama yang menolak sikap Saudi yang mendukung kudeta militer atas Presiden Mursi di Mesir.

Dalam pernyataannya, Revolusi Pemuda ini mengajak seluruh rakyat yang merasa merdeka untuk berunjuk rasa setelah shalat tarawih. Unjuk rasa ini mengangkat tema dukungan terhadap Syeikh Khalid Ar-Rasyid dan segenap ulama yang ditahan.

Aksi ini mulai marak terjadi di tanah saudi pasca kudeta militer terhadap pemerintahan yang sah negara mesir yang dipimpin oleh Dr.Mohammad Mursi. Tidak sedikit para ulama dan cendekiawan negara arab menyerukan untuk mendukung legalitas pemerintahan mesir dibawah kepemimpinan mursi. Namun kondisi ini bertolak belakang dengan sikap istana dinasti suud yang “menyetujui” aksi kudeta milter yang di pimpin As Sisi. Akibatnya beberapa ulama dan cendekiawan ditangkap usai aksi mereka dalam ceramahnya.

*admin jalurgaza

This entry was posted in Berita, Uncategorized. Bookmark the permalink.