Fahri Hamzah: Kualitas Capres Tidak Dinilai Dari Survey dan Jor-Joran Iklan

FHJAKARTA – Wakil Sekertaris Jenderal (Sekjen) PKS, Fahri Hamzah meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan kanal untuk sebuah perdebatan calon-calon presiden.

Hal ini jauh lebih baik bagi masyarakat untuk mengetahui segala hal seperti visi, misi dan juga track record para capres, daripada membiarkan para capres jor-jor an beriklan untuk memperkenalkan diri, ataupun berlomba-lomba melakukan survei yang tidak mendidik masyarakat untuk memilih.

Kepada Fajar Media Center (FMC), Jumat (26/7) di Gedung DPR RI, Fahri menjelaskan, popularitas yang hanya dilandasi oleh iklan maupun survei, bukanlah satu indikator bahwa pemimpin yang paling populer adalah pemimpin yang bisa memberikan kontribusi terbaik dalam pemikiran dan tindakan.

“Kemampuan pemimpin itu bisa kelihatan, bukan dari hasil survei atau dari iklan, tapi diukur melalui perdebatan-perdebatan. Iklan dan survei itu manipulatif, sementara debat itu real,” tegasnya.

Menurut Fahri, melalui debat para calon presiden juga bisa diperlakukan adil, karena jika hanya mengandalkan survei dan iklan, maka hanya capres-capres yang memiliki kekuatan pendanaan saja yang akan muncul.

“Ini tentunya bukan satu hal yang substansial, yang bisa dijadikan landasan oleh masyarakat dalam memilih pemimpin. Rakyat sepertinya tidak diberikan pilihan, karena yang muncul hanya capres-capres yang memiliki kekuatan dana saja,” tambahnya. (FH )

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.