Gubernur Sumbar Larang Pegawainya pakai Mobil Dinas Untuk Mudik

ip0411Padang Gubernur Sumatera Barat melarang pejabat dan pegawainya menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat Idul Fitri. “Jangan memanfaakan kendaraan dinas untuk keperluan pribadi,” ujar Irwan Prayitno .

Menurut Irwan, mobil dinas hanya diperbolehkan untuk keperluan yang berkaitan dengan perkajaan dan pelayanan. “Selain itu tak boleh. Sudah ada aturannya,” ujarnya.

Bagi pejabat dan pegawai yang menggunakan kendaraan dinas saat mudik nanti, Irwan berjanji akan memberikan sangsi. “Akan kita beri sangsi. Ini butuh pengontrolan bersama,” ujarnya.

Namun, Irwan tidak menegaskan bentuk sangsi yang diberikan kepada pegawai yang melanggar peraturan tersebut.

Gubernur juga berharap, masyarakat dapat mengawasi mobil dinas yang digunakan untuk mudik. Apalagi, pejabat dan pegawai yang menyulap mobil berplat merah itu menjadi plat hitam. “Gampang dikenali. Liat saja kode huruf bagian belakang nomor polisinya. Jika BS itu berarti mobil dinas,” ujarnya.

Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sumatera Barat Devi Kurnia mengatakan, aturan terseut sudah tercantum dalam peraturan gubernur (Pergub) Nomor 2 tahun 2009 tentang penggunaan kendaraan dinas. Dalam aturan itu disebutkan, kendaraan dinas digunakan hanya untuk operasional kedinasan dan ditempatkan di masing-masing.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.