Polemik Jabar-Pasundan, Aher: Saya Hanya Mau Kerja Keras

jvzsekNlXTBandung – Urusan penggantian nama Provinsi Jawa Barat yang diusulkan oleh Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat, membuat Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), enggan terlibat lebih dalam.

“Saya tidak mau terlibat dalam urusan pro dan kontra,” kata Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/7/2013).

Hal seperti itu, menurutnya, biarlah jadi urusan masyarakat. Sebagai gubernur, Aher mengaku lebih memilih bekerja.

Saat ditanya, sepenting apa penggantian nama provinsi? Aher hanya berkomentar akan bekerja keras untuk Jabar. “Tanya ke pakar saja. Saya hanya mau kerja keras,” ucapnya.

Seperti diketahui, usulan penggantian nama itu diserahkan Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat ke Komisi A DPRD Jabar, kemarin. Alasannya, nama Jabar dinilai sudah tidak relevan.

Jabar dinilai hanya merujuk pada Pulau Jawa bagian barat. Kenyataannya di Pulau Jawa bagian barat ada dua provinsi yaitu Banten dan DKI Jakarta.

Nama Jabar juga dinilai tidak mencerminkan ciri khas kesundaan. Akibatnya, warga Jabar kehilangan jati diri dan tidak punya kekuatan berarti untuk berperan di tingkat nasional. Salah satu nama yang diusulkan adalah Provinsi Pasundan.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.