Erdogan: “Kami akan selalu berdiri bersama rakyat Mesir”

TURKEY-GOVERNMENT-PARLIAMENT

Erdogan mengajak Obama membahas Mesir. Kedua pemimpin sepakat bahwa Mesir harus kembali pada demokrasi & prihatin atas aksi kekerasan.

Erdogan mendesak Obama untuk menggunakan pengaruhnya untuk mempengaruhi tentara Mesir agar tidak menyerang IM dan pengunjuk rasa.

diplomasi 6 pihak (AS, UE, Qatar, UEA, militer Mesir, MB) gagal, meski peluang masih ada, namun kendala terbesar adlh sikap batu militer.

Ashton (UE) -Kerry (AS) dalam pernyataan bersama mengatakan “bola” ada di pemerintah Mesir, untuk memulai proses transisi damai.

“PM Mesir” yg ditunjuk Junta, Beblawi, mengatakan keputusan menindak aksi anti-kudeta “tidak dapat ditawar” dan kapanpun bisa dieksekusi.

Erdogan, kembali berpidato soal Mesir: Pemerintah Mesir adalah ‘pemerintahan (hasil) kudeta’

Erdogan: Morsi mendapat 52 % suara. Lalu Menteri Pertahanan yg ia tunjuk menggulingkannya, & menunjuk Ketua MK jadi Presiden. Menakjubkan

Erdogan: Beberapa orang selalu menuding Morsi tidak merangkul ragam pihak. Apa benar dia tidak (melakukan itu)?

Erdogan: Bahkan 2/3 (dua per tiga) kabinet Morsi terdiri dari menteri era-Mubarak. Dia memerintah Mesir dgn pemerintahan (inklusif) ini.

Erdogan: (yg terjadi) Mereka menimpakan embargo ekonomi atas Mesir-Morsi. Kecuali Turki dan Qatar, tiada 1 pun negara membantu mereka

Erdogan: Negara-negara lain (Arab Teluk: Saudi, UEA, Quwait) malah memberi $ 16 juta tepat setelah kudeta terjadi di Mesir.

Erdogan: (di sisi lain) Negara-negara Barat masih belum dengan jujur menyebutnya “kudeta”. Mereka hanya menyebutnya intervensi.

Erdogan: pejabat2 Barat punya kesamaan pandang dgn kami soal Mesir, tapi mereka tetap tidak dapat jujur terbuka menyebutnya kudeta

Erdogan: Militer Mesir membekukan konstitusi yg mendapat 65% suara referendum. Ini jelas2 tidak menghormati kehendak rakyat Mesir.

Erdogan: Mereka menyebut orang2 di Tahrir bagian Mesir, tetapi orang2 di tempat lain (yg anti-kudeta) tidak dimasukkan ke kategori ini.

Erdogan: Saya yakin perlawanan rakyat Mesir akan terus berlanjut. Orang2 akan mempertanyakan ke mana suara mereka yg lenyap diabaikan.

Erdogan: Barat telah gagal dalam uji kejujuran (berdemokrasi) dalam kasus Mesir ini.

Erdogan: (bagaimanapun) Kami akan selalu berdiri bersama rakyat Mesir & kami akan terus mendukung (perjuangan) rakyat Mesir.

Erdogan: Sulit dimengerti bagaimana penganugrahan Nobel Perdamaian itu diberikan pada orang yang mendukung kudeta (ElBaradei)

Erdogan: Sebagian orang mungkin cuek dgn ketidakadilan di Mesir. Tapi kami (Turki) akan selalu peduli saudara-saudara kami di Mesir.

Erdogan: kami (Turki) merasakan sakit saudara-saudara kami Mesir, dan kami sangat mendukung perjuangan mereka

Erdogan: rakyat Mesir berjuang untuk merebut hak-nya yang absah & saya bangga kepada mereka atas nama diri dan bangsa saya

Erdogan: Hey penganugerah Nobel, bagaimana Anda memberikan penghargaan Nobel kepada pendukung kudeta?!

Pres Turki, Gul:. Saya mendesak para pemimpin politik Mesir, militer & masy sipil melakukan moderasi, menahan diri & mendengar masukan.

Gul: dukungan Turki untuk ekonomi Mesir (pres Morsi) bertujuan agar rakyat Mesir bisa merasakan manfaat dari era baru di kesehariannya.

Gul: kudeta yang menggulingkan Mohammad Morsi membelokkan kepastian arah progress negara.

Gul: Mungkin kebuntuan bisa disudahi dengan mengadakan pemilihan umum (mekanisme demokrasi) sedini mungkin.

Gul: Masalah di Mesir, dalam hal apapun, harus diperbaiki melalui mekanisme demokratis.

Gul: Mesir harus segera kembali ke rel demokrasi. Menjalani proses transisi yang inklusif sangatlah penting.

Gul: Pengucilan partai politik tertentu (Partai Keadilan & Kebebasan) di Mesir dari Pemilu mendatang akan takkan membuat (Mesir) sukses.

Gul: Pelepasan Morsi dan rekan2 politisi lainnya akan menyumbang hal positif bagi rekonsiliasi dan stabilitas.

Gul: Semua pihak harus menahan diri untuk menghindari bertambahnya jumlah korban di Mesir.

Gul: Turki akan melakukan apapun untuk memperkuat hubungan dgn Mesir & akan membantu Mesir untuk menjaganya tetap pada jalur demokrasi.

secara implisit Presiden Gul juga mengkritisi Morsi yg tidak mempercepat Pemilu ulang untuk menghindari kudeta militer.

kita, (Islamis, Post Islamis, pun negarawan Muslim) memang perlu belajar mengelola dinamika & kemajuan negara ke Turki. wallahua’lam🙂

twit @Aryasandhiyudha

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.