Klarifikasi Al-Azhar Soal Ulama Syari’ah yang Mengkafirkan IM

logo-ikhwanTentang berita Adanya Jama’ah Ulama Syari’ah di Al-Azhar yang mengkafirkan IM, ini pernyataan Prof. Dr. Abbas Syauman (Sekjend Dewan Ulama Senior di Mesir).

Penjelasan tentang berita adanya Majelis Jama’ah Ulama Syari’ah di Al-Azhar adalah sebagai berikut:

1. Tidak ada yang namanya Jama’ah Ulama Syari’ah di Universitas Al-Azhar, yang kemudian memakai embel-embel Lembaga Al-Azhar atau Universitas Al-Azhar:

2. Sumber resmi yang berhak menggunakan nama Universitas Al-Azhar adalah yang terhormat Rektor Universitas Al-Azhar.

3. Kumpulan Ulama dan majelis Ilmiah tertinggi resmi di Lembaga Al-Azhar adalah Hay’ah Kibar Ulama (Dewan Ulama Senior), setelah itu adalah Majma’ Buhuts Islamiyah (Dewan Riset Islam), lalu Majelis A’la (Dewan Tinggi) Al-Azhar.

4. Semua lembaga resmi Al-Azhar tersebut TIDAK PERNAH MENYATAKAN pengkafiran kepada siapapun dan lembaga apapun di Negara Mesir.

5. Sebagai sekretaris jenderal Dewan Ulama Senior, saya menyatakan bahwa Dewan Ulama Senior tidak pernah terkait dengan upaya pengkafiran terhadap Jama’ah Ikhwan atau lembaga serta entitas lainnya.

6. Sebagai ketua jurusan Syari’ah dan Dekan Fakultas Studi Islam dan Arab, saya menyatakan bahwa Jurusan Syari’ah di Fakultas ini tidak pernah terikat dengan fatwa apapun yang dikeluarkan oleh salah satu dosen (nama saya samarkan agar tidak menyebar aib, dan bagi yang membaca agar tidak menyebar aib).

7. Kalaupun Majelis tersebut benar-benar ada, maka hal itu hanya dianggap sebagai kumpulan dari teman dosen di universitas yang mengungkapkan pendapat mereka berdasarkan ijtihad dan hal itu hanya terkhusus bagi mereka. Universitas dan Masyaikh Azhar tidak bertanggung jawab atas masalah ini.

8. Dalam kondisi yang sedang dialami oleh negara ini, sungguh tidak bijak mengeluarkan fatwa tersebut. Yang menjadi konsentrasi kita sekarang adalah memperkuat usaha yang diinisiasi oleh Ulama agar tidak lagi terjadi pertumpahan darah, mengupayakan rekonsiliasi serta kembali pada persatuan umat.

Semoga Allah memelihara negeri ini dan menjauhkan kita dari fitnah, baik yang lahir maupun yang batin.

Ttd

Prof.Dr. Abbas Syauman
Dekan Fakultas Studi Islam dan Arab di Universitas Al-Azhar, Cairo
Sekjend Dewan Ulama Senior Al-Azhar

*http://islampos.com/ini-penjelasan-al-azhar-soal-ulama-syariah-yang-mengkafirkan-ikhwan-74468/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.