Menlu AS: Kini, Hamas Bukan Lagi Pejuang Amatiran

mujahidin-gazaJALURGAZA – Menlu AS John Kerry mengatakan kini Israel tahu Hamas tidak lagi diperkuat prajurit amatiran seperti tahun 2008.

“Sejauh ini, Israel tidak berhasil melumpuhkan Hamas,” ujar Kerry, dalam wawancara dengan CNN. “Hamas menggunakan terowongan untuk menyergap dan menangkap tentara dan menembakan roket ke Israel.”

Menurut Kerry, Hamas dan faksi-fasi militernya seolah menemukan cara baru mengatasi Israel ketika melihat pasukan zionis mengubah taktik serangannya. Salah satunya, masih menurut Kerry, penggunaan roket jarak jauh.

“Seorang tentara Israel mengatakan Hamas sedang bertempur seperti Hizbullah tahun 1980-an dan 1990-an, atau perang Hizbullah-Israel di Lebanon tahun 2006,” lanjut Kerry.

Perubahan ini terlihat di Shaja’ia. Israel menyerbu dengan taktik konvensional. Hamas meladeni dengan satu set ketrampilan, yang mungkin tidak pernah dibayangkan Israel.

“Tahun 2008, Hamas hanya pasukan yang suka berparade di jalan-jalan Gaza, tapi gagal menghentikan pasukan Israel,” Kerry membandingkan. “Hamas yang sekarang, dengan banyak sayap militernya, adalah pasukan dengan taktik komando. Mereka tahu bagaimana memanfaatkan setiap jengkal wilayah Jalur Gaza.”

Lebih dari itu, masih menurut Kerry, Hamas menyembunyikan profil-nya dengan tidak banyak berparade di jalan-jalan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.