Khaled Meshaal : Hamas menolak gencatan senjata Gaza kecuali blokade berakhir

hamas_2406019bJALURGAZA – Hamas dengan tegas menolak gencatan senjata untuk mengakhiri serangan 16 hari terhadap Gaza kecuali jika Israel mengakhiri blokade atas jalur gaza, demikian pernyataan pemimpi HAMAS Khaled Meshaal.

“hari ini kami menolak gencatan senjata … dan besokpun kami menolak gencatan senjata sebelum Israel memenuhi tuntutan Hamas, yaitu dibukanya blokade terhadap Palestina”, Meshaal mengatakan kepada wartawan di Doha, ibukota Qatar.

Membuka blokade atas palestina yg sudah berjalan hampir delapan tahun adalah tuntutan utama Hamas, yang juga menginginkan pembukaan perbatasan Rafah dengan Mesir, dan Israel untuk membebaskan tahanan Palestina adalah harga yang harus dibayar oleh Israel.
Pernyataan Meshaal ini bersamaan dengan datangnya Dewan HAM PBB yang memulai penyelidikan independen atas serangan Israel ke jalur gaza.

Atas inisiatif Dewan HAM PBB untuk mengakhiri pertempuran di Gaza gunung, Meshaal mengatakan bahwa Hamas menyambut semua upaya untuk mengakhiri agresi dan tidak keberatan untuk mediasi dengan semua pihak, termasuk Mesir.

“Kami tidak akan menerima inisiatif yang tidak mencabut blokade terhadap rakyat kami dan yang tidak menghormati pengorbanan mereka,” tambah Meshaal.

Sementara itu, Mesir, dengan presidennya, Abdel Fattah el-Sisi, yang selama ini ikut andil dalam mengisolasi Hamas di Gaza, juga ikut mencoba menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Sedangkan Hamas sendiri menolak proposal gencatan senjata yang katanya itu menguntungkan Israel.

Meshaal berpendapat bahwa usulan Mesir, yang didukung oleh Amerika Serikat, PBB dan Liga Arab, akan memungkinkan Israel untuk mendikte HAMAS atas blokade di Gaza.
http://aje.me/1ruZU1w

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.