Erdogan : Hari ini adalah Era Baru untuk Turki

erdoganJALURGAZA – Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan berhasil memenangkan pemilihan Presiden dengan cara yang mudah. Erdogan berjanji ini akan menjadi sebuah era baru untuk negaranya.

Sebelumnya, aksi protes memang sering terjadi sepanjang 2013. Namun, Erdogan berjanji untuk menggoyang sistem politik yang lama untuk menjadikan presiden sebagai figur nomor satu di Turki.

Dalam pemilihan kali ini, Ada tiga kandidat di mana Erdogan memenangkan 52 persen suara, dari 99 persen suara yang ada. Dia mengalahkan pesaing utamanya Ekmeleddin Ihsanoglu yang hanya mendapatkan 38,3 persen. Artinya tidak ada pemilihan ronde kedua.

Sedangkan pesaing ketiga kandidat Kurdish, Selahattin Demirtas, berhasil mendapatkan 9,7 persen suara. Pelantikan Erdogan, sebagai Presiden Turki yang baru akan dilakukan pada 28 Agustus. Erdogan bukan orang baru di pemerintahan Turki. Pria 60 tahun itu pernah dua kali terpilih sebagai Perdana Menteri Turki.

Ribuan orang memenuhi pusat kota Istanbul, dengan mengibarkan bendera Turki dan memegang gambar Erdogan untuk merayakan kemenangannya. Kembang api ikut menerangi langit di atas Ankara.

“Hari ini, kami menutup era lama dan mengambil langkah untuk sebuah era baru,” demikian komentar Erdogan, dalam pidato kemenangannya di Ankara, dengan mendiskripsikan ini sebagai ‘hari bersejarah’.

“Hari ini, tidak hanya Recep Tayyip Erdogan yang meraih kemenangan. Hari ini menjadi kemenangan nasional. Hari ini, demokrasi kembali meraih kemenangan,” lanjutnya, dilaporkan ABC-CBN, Senin (11/8/2014). (okezone)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.